Jumat, 05 Desember 2014

Cara Merawat Website yang Efektif

Anda yang tengah memaksimalkan bisnis dengan media internet, tentu menginginkan web yang selalu ramai dikunjungi oleh para pengguna. Cara merawat website menjadi sangat penting karena secara sederhana web Anda adalah rumah atau toko Anda di dunia maya. Maka Anda perlu mengupayakan agar setiap pengunjung merasa nyaman dan betah menghabiskan waktu di web Anda, terutama untuk situs e-commerce. Anda akan dituntut untuk selalu merawat web Anda agar traffic kunjungan ke situs Anda selalu terjaga.


Salah satu cara merawat website adalah dengan selalu meng-update content atau isi secara teratur serta mengubah tampilan website agar lebih menarik. Web yang jarang diperbarui isinya bisa jadi akan membuat pengunjung bosan pengunjung. Ubah tampilan web minimal 2 tahun sekali. Update content secara teratur sehingga dapat dilihat oleh pengunjung dari tanggal yang tertera pada halaman situs tersebut. Jika tanggal yang tertulis memiliki rentang yang lama bahkan hingga beberapa bulan, maka dapat dipastikan web tersebut tidak terawat atau tidak pernah diperbarui. Selalu update isi web dengan hal-hal yang bermanfaat bagi pengunjung. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan tanggal, bulan serta tahun pada setiap tulisan web agar pengunjung mengetahui kapan terakhir kali web tersebut diperbarui.


Backup data merupakan salah satu cara merawat website yang penting. Langkah jitu ini sangat berguna untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi gangguan pada web server. Backup data secara teratur merupakan upaya untuk menghindari hilangnya semua data yang tersimpan di web server jika terjadi gangguan. Memiliki backup data berarti Anda dapat dengan mudah memulihkan data tersebut pada saat web server sudah diaktifkan kembali. Langkah selanjutnya adalah memanfaatkan layanan Google Analytic untuk mendapatkan data statistik pengunjung. Statistik web sangat penting untuk mengetahui perkembangan web Anda. Melalui statistic, Anda dapat mengetahui jumlah pengunjung, asal mereka berasal serta halaman apa saja yang menjadi favorit. Selalu cek juga bandwidth yang dipakai setiap bulannya untuk memastikan bandwidth tidak melebihi batas maksimum yang disarankan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar